• Twitter
  • Facebook
  • Instagram

Kamis, 17 Oktober 2013

BIMBINGAN & KONSELING FIP UNNES JADI TREND CENTER DI NUSANTARA

Jurusan BK akhir-akhir ini disibukkan dengan segudang acara. Bagaimana tidak, selain telah menjadi jurusan terbaik di tingkat Universitas dengan Akreditasi A dan Passing Grade tertinggi juga menimbulkan keingintahuan yang tinggi dari Universitas yang lain, terbukti dalam 1 bulan tepatnya dibulan Maret ada 4 Universitas berkunjung ke Jurusan tercinta kita ini. Yang pertama kunjungan dari Universitas Bengkulu pada tanggal 13 Maret 2013 yang dihadiri oleh 4 Dosen. Yang kedua tidak jauh-jauh pada tanggal itu yaitu tanggal 18 Maret jurusan dipenuhi oleh 138 Mahasiswa dari semester 6 yang datang jauh-jauh dari Bali untuk KKL ke jurusan BK FIP UNNES, saudara kita dari Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA). Tidak berbeda juga dengan Universitas PGRI Banyuwangi (UNIBA) dengan 48 Mahasiswa yang juga melakukan KKL kesini pada tanggal 25 Maret. Dan yang terakhir berkunjung kesini lebih jauh lagi dari Bali, dari kota khas rumah Gadang yaitu dari Kota Padang tepatnya Universitas Negeri Padang sebanyak 48 Mahasiswa dari semester 8 yang sedang melakukan Studi Tour kebeberapa Universitas Di Indonesia, salah satunya ya UNNES ini.



Dengan berkunjungnya mereka kesini menandakan bahwa Jurusan BK kita ini sekarang sedang naik daun sehingga mereka yang dari seberang pulau saja menyempatkan untuk melihat bagaimana sih Jurusan BK di UNNES itu. Mereka juga ingin mengetahui ada apa saja dijurusan BK kita ini, seperti ingin merasakan langsung bagaimana proses perkuliahan PPK (Program Profesi Konselor) dengan segala kegiatannya, bagaimana kurikulum jurusan, serta ingin tahu organisasi maupun Lembaga kemahasiswaan yang ada di Jurusan BK. Dan mereka terkesan dengan semua apa yang kita miliki sekarang. Tak ketinggalan juga, mereka terkesan dengan fasilitas yang kita berikan dan mengatakan bahwa mahasiswa UNNES orangnya baik dan ramah. Dibuktikan dengan ungkapan dari salah satu Mahasiswa Universitas Negeri padang “ Asik mb, kami senang dengan sambutan hangat teman-teman UNNES, malah ada yang pengaen balik kesana . . :D”.

Dan manfaat yang dapat kita ambil dari adanya kunjungan itu, diantaranya kita bisa saling bertukar informasi serta bertukar pikiran tentang Organisasi, Birokrasi, Kurikulum, Kebudayaan dari masing-masing daerah asalnya tak lupa juga menguatkan tali persaudaraan antar Universitas. Hal itu juga dapat kita jadikan pedoman untuk melangkah menuju kearah yang lebih baik serta menjadikan Jurusan Bimbingan dan Konseling menjadi lebih maju kedepannya. Semua itu tidak terlepas dari campur tangan kita juga sebagai Mahasiswa Bimbingan dan Konseling yang menjadi kunci utama yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Walaupun ada Jurusan yang lebih baik dari jurusan kita, jangan jadikan itu sebagai saingan yang saling menjatuhkan ataupun kita jadikan sebagai suatu hal yang membuat kita semakin pesimis, tapi jadikan semua hal itu sebagai cermin yang dapat membangkitkan kita untuk lebih  baik. Tingggal bagaimana kita melihat dari sisi mana, jangan melihat kebelakang karena kita tidak akan dapat mengulangnya kembali, tetapi lihatlah yang ada di depan kita, kita akan tahu apa yang seharusnya kita lakukan dan apa yang harusnya kita tinggal. Satu hal kecil saja yang kita lakukan akan sangat berguna nantinya, tak hanya bagi diri sendiri namun juga bagi banyak orang. Jalan kita pilih sudah sangat benar dan mulia, nantikan kenikmatan menjadi seorang konselor.

by:

0 komentar:

Kontak

Hubungi Kami


Alamat

Gedung PKM Lantai 1 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Nomor

+62 856 4075 5770

Website

bk.unnes.ac.id