• Twitter
  • Facebook
  • Instagram

Jumat, 23 Januari 2015

Profil Jurusan

JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Deskripsi Jurusan
Jurusan Bimbingan dan Konseling, salah satu jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes yang telah berdiri sejak tahun 1965 dengan nama awal Bimbingan dan Penyuluhan, pada tahun 1984 berganti nama menjadi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB) sebelum berubah menjadi Bimbingan dan Konseling pada tahun 2000. Bertempat di gedung A2 lantai 3 ampus Sekaran, Gunung Pati, Semarang, Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP Unnes menyiapkan sarjana yang kompeten dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling di SMP/Mts, SMA/MA/SMK.
Berdiri dengan berlandaskan Izin Jurusan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 71/E/O/2011 tangal 12 April 2011, jurusan ini menempatkan diri sebagai salah satu jurusan berakreditasi A di Unnes.
Di samping itu mempunyai kewenangan sebagai guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar, komunitas social, widyiaswara Bimbingan dan Konseling professional yang berwawasan konservasi. Tidak hanya kelas strata satu dan strata dua, namun juga BK Unnes juga membuka prodi Pendidikan Profesi Konselor (PPK) pada tahun 2007.

Visi dan Misi Jurusan
Program Studi Bimbingan dan Konseling menjadi pusat unggulan dan rujukan dalam bidang Bimbingan dan Konseling tingkat nasional serta menyiapkan calon Guru Bimbingan dan Konseling/ Konselor professional yang berwawasan konservasi pada tahun 2016
Sedangkan misi dari jurusan ini adalah sebagai berikut,
  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjan di bidang Bimbingan dan Konseling yang professional dan berwawasan konservasi secara transparan dan akuntabel untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu untuk menghasilkan karya yang unggul dan menjadi rujukan dalam bidang Bimbingan dan Konseling.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu Bimbingan dan Konseling yang memandirikan.
  4. Menyelenggarakan pendidikan berkelanjutan (continuiting education) untuk meningkatkan kualitas kinerja dan professionalitas konselor
  5. Menjalin kerjasama dengan beragai organisasi profesi dan alumni serta meningkatkan partisipasi masyarakat (stakeholder) dalam pembangunan pendidikan nasional.



Tujuan Jurusan
            Dalam bergerak, berfikir, dan berkreativitas apapun, haruslah ada tujuan yang jelas untuk dituju. Tanpa tujuan, arah pergerakan terasa hambar dan kurang sistematik. Sama halnya dengan Jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes yang telah menetapkan tujuan sedari awal agar langkah-langkah dan kebijakan yang dimaktubkan dalam setiap gerak pendidikan dan bimbingan di kelas mencapai titik kulminasi dalam merealisasikan tujuan yang telah ditetapkan.

Adapun tujuan dari Jurusan Bimbingan dan Konseling adalah sebagai berikut,
  1. Menghasilkan lulusan sarjana di bidang Bimbingan dan Konseling yang professional dan berwawasan konservasi secara transparan dan akuntabel untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengembangan ilmu untuk menghasilkan karya yang unggul dan rujukan dalam bidang Bimbingan dan Konseling.
  3. Mengaplikasikan ilmu Bimbingan dan Konseling yang memandirikan dalam kehidupan masyarakat.
  4. Memfasilitasi pengembangan profesionalitas dan kualitas kinerja konselor melalui pendidikan berkelanjutan
  5. Berkontribusi dalam pembangunan pendidikan nasioanal melalui kerjasama dengan berbagai organisasi profesi, alumni dan meningkatkan partisipasi masyarakat. 

0 komentar:

Kontak

Hubungi Kami


Alamat

Gedung PKM Lantai 1 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Nomor

+62 856 4075 5770

Website

bk.unnes.ac.id