• Twitter
  • Facebook
  • Instagram

Sabtu, 15 Februari 2014

Membangun Jurusan Lebih Progresif

Kongres Keluarga Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling (KKMJBK) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang yang dilaksanakan tanggal 28 Januari 2014 diwarnai dengan berbagai kegiatan pembahasan tentang konstitusi untuk periode mendatang dan pemaparan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dari Fungsionaris Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (Hima BK) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa Jurusan (DPMJ) periode 2013.


Kongres yang bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Fakultas Ilmu Pendidikan ini diselenggarakan oleh DPMJ sebagai badan legislatif tingkat jurusan yang merupakan agenda tahunan untuk menyusun konstitusi sah yang berlaku di periode selanjutnya bagi semua lembaga kemahasiswaan dan Unit Kegiatan Mahasiswa di tingkat Jurusan Bimbingan dan Konseling. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam sambutannya, Rosita Kusuma Wardani selaku Ketua Panitia Kongres menyampaikan bahwa kongres ini diselenggarakan sebagai bentuk usaha untuk membangun jurusan Bimbingan dan Konseling menjadi lebih baik. “Kongres ini bertujuan untuk membentuk konstitusi dasar agar lebih seragam dengan kondisi sekarang demi mewujudkan jurusan ini lebih baik ke depannya,” jelasnya, Selasa (28/1). KKMJBK dihadiri oleh sekitar 60 mahasiswa |Bimbingan dan Konseling FIP Unnes yang berasal dari mahasiswa BK tiap angkatan, Fungsionaris Hima BK, perwakilan UKMJ BK, dan DPMJ BK periode 2013.

Proses KKMJ
Acara yang secara resmi dibuka oleh Ketua Jurusan Bimbingan dan Konseling, Drs. Eko Nusantoro, M. Pd terbagi menjadi beberapa kegiatan. Diawali dengan sidang pendahuluan yang dipimpin oleh presidium sementara, yaitu Anas selaku ketua presidium, Syaffah selaku wakil ketua, dan Siti Maemunah sebagai sekretaris. Sidang pendahuluan memaparkan agenda sidang umum, membahas dan menetapkan tata tertib, serta pemilihan presidium tetap.

Presidium tetap yang terpilih yaitu Ardhiyan Awwaluddin selaku ketua presidium, Yusuf Rudi selaku wakil ketua dan Siti Maemunah selaku sekretaris memimpin jalannya kegiatan sidang komisi yang memaparkan hasil sidang pleno per komisi kepada peserta sidang. Berlanjut ke pemilihan DPM J dan penyampaian laporan pertanggung jawaban dari Fungsionaris Hima BK serta DPMJ BK kepada seluruh peserta sidang. Acara ditutup dengan serah terima jabatan dari Ketua DPM J periode 2013, Latih Buran Tedra ke Ketua DPM J periode 2014, Akhmad Arfiyanto dan serah terima jabatan Ketua Fungsonaris Hima BK periode 2013, Muhammad Fazar kepada Ketua Fungsionaris Hima BK periode 2014, Amirul Mahfud Kurnianto.

Hasil KKMJ

Dalam KKMJ yang berlangsung di GSG FIP Unnes, terdapat beberapa penggubahan isi konstitusi yang membedakan dengan konstitusi tahun lalu. Selain pengubahan secara redaksional dan tata bahasa agar lebih kondusif, bermakna dan mudah dipahami. Penggubahan tersebut juga terdapat pada isi konstitusi itu sendiri. Di antaranya adalah TATA TERTIB KONGRES JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING, BAB V tentang  PRESIDIUM SIDANG, dimana terdapat penambahan pasal 10 yang membahas tentang mekanisme pemilihan presidium tetap. Sistem pemilihan Ketua DPM J yang dipilih secara demokratis pada periode selanjutnya. Rancangan ketetapan tentang Garis Garis Besar Haluan Kerja (GBHK) Hima BK FIP Unnes, dan rekomendasi-rekomendasi untuk jurusan, DPM J, Hima BK, dan UKM J. 

Tentu dengan adanya KKMJ ini, harapan untuk terciptanya kesejahteraan dan progresivitas akademik di Jurusan Bimbingan dan Konseling dapat terwujud. Tidak hanya sekadar membangun mahasiswa secara kognitif, namun dilengkapi pula dengan kemampuan-kemampuan di luar akademis. (grav)



0 komentar:

Kontak

Hubungi Kami


Alamat

Gedung PKM Lantai 1 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Nomor

+62 856 4075 5770

Website

bk.unnes.ac.id