• Twitter
  • Facebook
  • Instagram

Jumat, 24 Oktober 2014

Olimpiade BK Tingkat Nasional Hima BK Unnes Dibuka


Himpunan mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang akan menyelenggarakan olimpiade BK tingkat Nasional. Bertajuk Guidance and Counseling Smart Competition (GCSC), lomba olimpiade ini direncanakan akan terlaksana pada Kamis (27/11) di Gedung Serba Guna (GSG) Fakultas Ilmu Pendidikan kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang.

Lomba yang dibagi dalam dua tahap, tahap penyisihan dan tahap grand final ini memperebutkan hadiah piala Abkin dan uang pembinaan dengal total tiga juta rupiah. Menurut penuturan ketua panitia, Sugesti Yoan Ahmad Yani, GCSC ini terdiri dari soal tertulis dan analisis kasus dengan menggunakan pendekatan-pendekatan konseling.


Untuk persyaratan dari lomba GCSC ini, maksimal peserta adalah mahasiswa strata satu Jurusan BK semester delapan. Sementara untuk biaya, setiap peserta membayar uang pendaftaran sebesar dua ratus ribu rupiah.

Dalam kesempatan berbeda, Amirul Machfud Kurnianto, ketua Hima BK Unnes 2014 mengungkap tujuan dari diadakannya lomba ini.

“Lomba ini diadakan sebagai bagian dari rangkaian acara Counseling Fair, juga sebagai mengembangkan ketrampilan mahasiswa BK dalam penerapan keilmuan BK itu sendiri,” jelasnya.

GCSC tingkat Nasional ini diharapkan bisa diikuti oleh seluruh perwakilan mahasiswa terbaik dari setiap jurusan BK di setiap universitas seluruh Indonesia. Selain sebagai ajang unjuk kemampuan dalam khazanah keilmuan BK, juga sebagai bagian dari forum pengakraban antar mahasiswa BK yang memiliki visi dan misi membangun BK lebih baik dan kontributif bagi kemajuan masyarakat Indonesia.

Selain fasilitas dan hadiah yang besar dari perlombaan, serangkaian acara Counseling Fair ini juga menampilkan berbagai pentas seni dan hiburan yang menarik dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa Jurusan (UKMJ) BK.

Dalam memudahkan komunikasi antar peserta dalam acara ini, panitia membuat grup facebook dengan nama “GnC Smart Competition 2014” sebagai upaya mempermudah tanya jawab berbagai hal terkait olimpiade ini.

Akhir kata, Amir mengharapkan acara ini sukses dan bermanfaat bagi semua pihak. Dan mengharapkan kerjasama dari panitia, birokrasi jurusan BK Unnes, dan seluruh mahasiswa BK di Indonesia untuk menyukseskan ini dengan berpartisipasi sebagai peserta olimpiade ini.
(irkham)


0 komentar:

Kontak

Hubungi Kami


Alamat

Gedung PKM Lantai 1 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Nomor

+62 856 4075 5770

Website

bk.unnes.ac.id