• Twitter
  • Facebook
  • Instagram

Senin, 27 Oktober 2014

Magang Hima, Kawah Candradimuka Aktivis Berprestasi




Belajar organisasi selain menunaikan kewajiban pertama sebagai mahasiswa tetap menjadi pilihan dalam dinamika kehidupan kampus. Belajar hard skill di dalam kelas oleh beberapa mahasiswa dianggap kurang dalam meningkatkan kualitas kompetensi pribadi. Oleh sebab itu, organisasi jadi pilihan utama untuk memperoleh soft skill demi meningkatkan kualitas kompetensi.

Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling mengadakan magang bagi para mahasiswa baru yang ingin belajar organisasi. Mengangkat tema Aktif Berkontribusi, magang hima yang dilaksanakan untuk kedua kalinya ini sebagai wadah bagi mahasiswa baru untuk memberikan pengalaman dan pelatihan organisasi sebelum masuk ke berbagai organisasi yang sebenarnya.


Acara magang hima ini adalah salah satu program kerja dari Departemen bidang Pengembangan sumber Daya Manusia Hima BK Unnes yang memang bergerak dalam bidang keilmiahan dan pengembangan kualitas kompetensi mahasiswa BK.
Rosmayati, ketua panitia magang Hima BK Unnes mengungkap tujuan dari acara ini. “Acara ini bertujuan untuk memberikan bekal organisasi dan belajar organisasi kepada anggota,” jelasnya.

Magang Hima BK yang diikuti sekitar 70 peserta dari mahasiswa BK semester satu ini dibagi dalam tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama adalah perkenalan dan sharing organisasi bersama Abdul Kholiq, mahasiswa BK yang kini menjabat sebagai Ketua Green Scientists Society (GS2) dengan segudang prestasi akademik. Salah satunya adalah juara dua Olimpiade BK tingkat Nasional di Universitas Negeri Padang beberapa bulan yang lalu.

Sedangkan pertemuan kedua, para peserta magang dikenalkan tentang berbagai organisasi lembaga kemahasiswaan dan unit kegiatan mahasiswa yang ada di jurusan oleh Kepala Departemen Hima BK, Dedi Wahyu Haryanto. Dan untuk pertemuan ketiga, outbound bersama seluruh fungsionaris Hima BK untuk mempererat hubungan.

Ketika disinggung mengenai kegiatan selanjutnya dari magang hima ini, Rosma mengatakan bahwa setelah ini para peserta akan mempraktekan ilmu yang didapat dengan membuat acara yang dikelola secara mandiri oleh peserta magang. Diketuai oleh Gesti Rosdiyana, para peserta akan membuat acara bertajuk bakti sosial.

Saat dikonfirmasi soal persiapan, Gesti mengatakan bahwa acara ini baru disusun panitia dan akan dibahas lebih lanjut lagi nanti. “Ya ini baru akan survey tempat dan menyusun acaranya nanti seperti apa,” jelasnya saat dikonfirmasi via sms.

Amir, ketua Hima BK 2014 mengharapkan dengan adanya acara magang hima ini para peserta yang semua adalah mahasiswa BK semester satu dapat mengaktualisasi diri dalam mengembangkan kompetensi soft skill dan tentunya menjadi kawah candradimuka regenerasi organisasi yang ada di jurusan BK Unnes ini.


(irkham)

*Staf Ahli Departemen Komunikasi dan Informasi Hima BK Unnes 2014

0 komentar:

Kontak

Hubungi Kami


Alamat

Gedung PKM Lantai 1 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Nomor

+62 856 4075 5770

Website

bk.unnes.ac.id