• Twitter
  • Facebook
  • Instagram

Kamis, 19 Juni 2014

Prestasi di Ranah Minang


Olimpiade Konseling dilaksanakan pada hari pertama tanggal 22 Mei 2014, kemudian disusul dengan Pembukaan Kongres IMABKIN dan Pembahasan Tata Tertib. Jurusan BK Unnes diwakilkan Abdul Khaliq dalam Olimpiade Konseling tersebut. Dia akrab dipanggil Khaliq. Klikons telah melakukan wawancara dengannya mengenai perjalanannya ke Padang. Dia bercerita bagaiman perjalannya menuju Padang yang penuh dengan kenangan indah dan pengalaman penuh makna serta perjuangan yang tidaklah gampang.

Olimpiade Konseling ini merupakan lomba tingkat nasional dengan peserta dari Sumatera, Jawa, dan Sulawesi. Berkaitan dengan lomba ini, Khaliq bercerita sedikit tentang gambaran soal Olimpiade tersebut. Dia menuturkan bahwa soalnya adalah mengenai professional BK, organisasi dan sejarah BK, serta teori dan aplikasi BK. Alhamdulillah, Khaliq dapat meraih juara 2 dan mendapatkan sertifikat, plakat dan uang pembinaan. Prestasi ini tentunya sangat membanggakan baginya dan jurusan. Ditanyakan mengenai motivasinya, Khaliq menjawabnya yaitu orang tua, jurusan dan impiannya berkeliling Indonesia.
Pada hari kedua, kongres IMABKIN dilanjutkan dengan Pembahasan AD/ART, LPJ Kepengurusan tahun 2013, Pemilihan Ketua IMABKIN tahun 2014, dan Penutupan Kongres IMABKIN. Ketua terpilih adalah Agung Tri Prasetyadari UNP. Dalam pelaksanaan kongres ini, Khaliq bercerita bagaimana dinamika yang terjadi saat kongres karena adanya perbedaan persepsi, budaya, dan lainnya. Menurutnya, hal yang menarik adalah bisa belajar budaya lain, memahami kepribadian orang lain, dan kekeluargaan.
Pada hari ketiga, acara terakhir adalah jalan-jalan menuju Bukittinggi. Tempat yang dikunjungi meliputi Air Terjun Anai, Padang Pariaman, Great Wall, Jam Gadang, Monumen Bung Hatta. Khaliq mengatakan bahwa dia mempunyai impian untuk pergi ke Padang.

Ditanya mengenai bagaimana perasaannya, Khaliq tidak bisa menjawabnya. Di hanya berkata, “tidak terbayangkan dan tidak terdeskripsikan. Kemudian, di akhir wawancara Khaliq mengemukakan closing statement dan pesannya bagi kita semua khususnya mahasiswa BK. Closing statementnya sebagai berikut, “Aku benar-benar menemukan pelangi setelah benar-benar melewati badai samudera kehidupan”. Kemudian, dia berpesan, “Perjuangkan hak kalian untuk beraktualisasi setinggi mungkin dan nikmatilah jalan perjuangan kalian masing-masing. Tidak ada kata menyerah hingga kalian bisa membuat orang-orang yang kalian cinta merasa bangga dengan perjuangan kalian.”

0 komentar:

Kontak

Hubungi Kami


Alamat

Gedung PKM Lantai 1 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Nomor

+62 856 4075 5770

Website

bk.unnes.ac.id