• Twitter
  • Facebook
  • Instagram

Rabu, 15 Oktober 2014

Adi Atmoko : Prospek BK di Masyarakat Besar







Menyambut mahasiswa baru Bimbingan dan Konseling, pihak birokrasi jurusan membuat acara Stadium Generale, Jumat (3/10). Mengangkat tema Prospek Profesi Guru BK/Konselor di Sekolah dan Masyarakat. Dr. Adit Atmoko, M. Pd, Ketua Program Studi BK Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang dipilih menjadi pemateri dalam acara.

Acara ini bertujuan untuk membangun sebuah pandangan peserta khususnya mahasiswa baru agar lebih mengerti tentang prospek-prospek apa saja yang ada di Sekolah dan Masyarakat bagi lulusan BK nanti.
“Lihatlah, masyarakat Indonesia lebih percaya batu ponari. Ini jelas masalah dan ini peluang bagi kita sebagai konselor untuk masuk ke masyarakat,” bukanya sambil menunjuk video yang memutar berita Ponari.
Adi Atmoko menjelaskan bahwa konselor menjadi kunci bagi penyelesaian-penyelesaian masalah di masyarakat. Hanya karena kurangnya keberanian untuk tampil di masyarakat saja yang membuat sampai saat ini profesi konselor belum begitu terkenal.
Di barat, profesi konselor adalah salah satu yang paling dicari masyarakat untuk mengentaskan masalahnya. Namun di Indonesia hal itu masih belum terlihat. Konselor di masyarakat adalah keniscayaan. Dengan daya upaya dari para staf pendidik yang menghasilkan para konselor berkualitas akan mampu membangun paradigm positif konselor di masyarakat. Selain daripada itu adalah kreativitas dan inovasi yang mampu membuat profesi konselor terpandang di masyarakat.
Lalu bagaimana dengan miskonsepsi di sekolah tentang BK?
Adi Atmoko menjelaskan bahwa itu memang adalah tanggung jawab kita semua. “Apa yang terjadi saat ini memang tidak kita harapkan. Ini menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh calon konselor di sini,” tegasnya sambil menunjuk tangan ke arah seluruh peserta. 
Memang sampai saat ini, misskonsepsi BK di sekolah cukup menjadi perhatian banyak pihak. BK menjadi salah satu profesi yang telah memenuhi syarat menjadi profesi, yang bekerja adalah seorang yang professional dan dengan cara yang professional pula. Justru saat ini yang terjadi di lapangan adalah sebaliknya. Banyak sekali penyimpangan BK di ranah sekolah terutama. Hal ini tentu menjadi tanggung jawab kita semua.

0 komentar:

Kontak

Hubungi Kami


Alamat

Gedung PKM Lantai 1 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Nomor

+62 856 4075 5770

Website

bk.unnes.ac.id