• Twitter
  • Facebook
  • Instagram

Jumat, 23 Januari 2015

Belajar dari Pengalaman


Unit Kegiatan Mahasiswa Jurusan BK, Counseling Education Community (CEC) menggelar acara bertajuk Public Speaking sebagai bagian dari kerja UKMJ tersebut. Dimotori oleh divisi soft skill, CEC mengadakan acara tersebut untuk lebih meningkatkan kualitas kemampuan berbicara di depan umum dari fungsionaris CEC dan mahasiswa BK itu sendiri. Menggandeng Aris Munandar, Ketua UKM Viat Justicia Unnes 2014 sebagai pemateri, acara yang diselenggarakan di samping A2 tersebut dihadiri oleh fungsionaris CEC dan mahasiswa BK.

“Alasan diselenggarakannya acara ini agar pengurus CEC bisa menjadi speaker yang baik. Mungkin memang sudah ada yang baik dalam hal public speaking, namun tetap perlu kita tingkatkan,” jelas Kholiq selaku Kepala Divisi Soft Skill.

Kholiq juga menjelaskan tugas utama dari divisi ini adalah mengembangkan kemampuan-kemampuan dari pengurus CEC dan juga mahasiswa BK Unnes itu sendiri yang ditekankan pada kemampuan berbicara interpersonal maupun intrapersonal. “Intrapersonal itu kan kemampuan untuk memahami diri sendiri, untuk mengenal konsep diri, kalau untuk interpersonal contohnya public speaking,” ungkap mahasiswa asal Temanggung ini.

Aris Munandar dalam penyampian materinya mengungkapkan bahwa public speaking itu bukan sebuah anugerah, melainkan ketrampilan berbicara di depan umum yang dapat kita latih dengan memanfaatkan semua kesempatan yang ada. “Pengalaman, memanfaatkan kesempatan dan latihanlah yang menutun pemuda tersebut menjadi seorang yang pintar berbicara dengan baik,” tegas mahasiswa BK semester 6 ini dalam pemateriannya.

Endang Tri Wahyuningsih, mahasiswi semester 2 mengungkapkan kegiatan Public Speaking yang diusung CEC ini terasa asyik. Ia mengaku dapat memetik banyak manfaat dari sana, khususnya ilmu pengetahuan yang bisa dipraktikan langsung baik dalam kegiatan perkuliahan maupun kegiatan publik lain.

Namun, dia pun menuturkan masih terdapat beberapa kekurangan dalam acara tersebut. Diantaranya, waktu kegiatan yang molor dan jumlah partisipan yang masih sangat minim.
“Harapan untuk kegiatan selanjutnya,  jaringan komunikasi di antara para pengurusnya mau pun antara pengurus dan mahasiswa BK Unnes dapat terjalin lebih baik lagi. Sehingga kegiatan-kegiatan CEC selanjutnya dapat terlaksana dengan baik dan ramai karena jumlah partisipannya yang meningkat”, tutur Endang.

Hal senada juga diungkapkan Reza, mahasiswa BK angkatan 2013. Menurutnya kegiatan Public Speaking CEC ini bagus.  “Lewat pembicaranya saya dapat belajar ilmu, pengalaman, dan juga memotivasi untuk semangat dalam berorganisasi”, katanya.

Reza mengungkapkan harapannya, semakin hari semakin banyak teman-teman yang bisa ikut acara tersebut dan waktu pelaksanaannya mungkin bisa mulai lebih awal lagi.(anin, rosma, dian)


0 komentar:

Kontak

Hubungi Kami


Alamat

Gedung PKM Lantai 1 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Nomor

+62 856 4075 5770

Website

bk.unnes.ac.id